Teladan Penggembalaan

Gembalakanlah kawanan domba Allah

Bacaan Hari Ini : 1Petrus 5: 1-11

Ayat-ayat berkesan:
1 Petrus 5: 1-4

1 ¶  Karena itu, sebagai sesama penatua dan saksi mata penderitaan Kristus, dan juga sebagai orang yang akan ikut ambil bagian dalam kemuliaan yang akan dinyatakan, aku mendorong para penatua* yang ada di antara kamu:
2  Gembalakanlah domba-domba Allah* yang ada padamu! Jangan karena paksaan, tetapi dengan rela, seperti yang Allah kehendaki; jangan melakukannya untuk mendapatkan keuntungan yang hina, tetapi karena kesediaanmu.
3  Jangan pula bertindak sebagai penguasa terhadap mereka yang dipercayakan ke dalam tanggung jawabmu, tetapi jadilah teladan bagi kawanan itu.
4  Dengan demikian, ketika nanti Sang Gembala Agung* datang, kamu akan menerima mahkota kemuliaan yang tidak akan layu.

Penatua

Para penatua adalah penilik gereja, orang-orang yang memegang pimpinan di antara  kaum percaya (beriman) dalam hal-hal rohani.

Rasul Petrus terlebih dahulu  menasehati para penatua untuk mau memelopori menderita bagi Kristus secar terhormat.
(1 Tim 3, Ibr 13:17)

Rasul Petrus

Rasul Petrus adalah murid yang pertama dari 12 rasul (Mat 10;1-4; Kis 1;13), dia juga salah seorang dari penatua gereja di Yerusalem, seperti Rasul Yohanes ( 2 Yoh1;3Yoh1; Kis15:6:21;17-18)
Rasul Petrus adalah Rasul, saksi Kristus, saksi mata penderitaan Kristus (Kis5:32;10:39) dan seorang Martir (Rasul Petrus meninggal dikayu salib X, dan disalibkan terbalik kepala di bawah, menurut kisah yang ada)

Dalam kitab ini Rasul Petrus tidak menggunakan jabatan rasulnya, melainkan jabatan penatuanya ketika menasehati para penatua greja-gereja yang lain.

Menggembalakan
Menggembalakan kawanan domba Allah menuntut penderitaan (Kol 1:24).
Penatua melakukan penilikan atas jemaat, memperhatikan keadaan  jemaat dengan rajin.
Jangan menilik dengan paksa, melakukan tugas ini sesuai dengan sifat, keinginan, cara, dan kemuliaan Allah, bukan menurut kesukaan, kepentingan dan tujuan manusia
              Penatua adalah pemimpin rohani bukan tuan, tuan berkuasa atas orang yang dikuasainya, melaksanakan penguasaan atas orang yang dikuasainya (Mat 20;25), diantara Kaum Percaya tidak ada tuan lain selain TUHAN YESUS. Semua orang percaya adalah hamba, bahkan budak
 (Mat 20:26-27, 23:10-11). Para penatua dalam gereja hanya memimpin tidak menjadi tuan (pemilik), dan semua orang percaya harus menghormati dan mengikuti pimpinan
(1 Tes 5:12, 1 Tim 5:17)
              Gereja adalah milik Allah, yang dipercayakan kepada para penatua sebagai bagian mereka untuk memperhatikan, memelihara dan merawat dengan baik.

Mahkota Kemuliaan
              Penatua yang melakukan tugas pelayanan dengan benar dan setia akan mendapatkan reward dari TUHAN yaitu Mahkota Kemulian. Kemuliaan mahkota ini tidak akan pernah layu, dan para "penatua pemenang" ini akan masuk dalam kemuliaan Kerajaan Kekal, yaitu kerajaan TUHAN dan Juruselamat kita, YESUS KRISTUS.

2 Petrus 1:11,  Dengan demikian, pintu ke dalam kerajaan kekal Tuhan dan Juru Selamat kita, Yesus Kristus, akan terbuka lebar bagimu.*

    "apa yang kita kejar  kemulian dunia atau kemuliaan ALLAH ?" atau ingin keduanya?

Matius 16:26  Apa untungnya jika seseorang memperoleh seluruh dunia, tetapi kehilangan nyawanya? Atau, apa yang bisa seseorang berikan sebagai ganti nyawanya?

Fil 3:19  Akhir hidup mereka adalah kebinasaan, karena allah mereka adalah perut mereka, dan pujian mereka adalah hal-hal yang memalukan. Pikiran mereka hanyalah pada hal-hal duniawi.
kita orang percaya adalah hamba, memiliki jabatan adalah anugrah. 
mendapat kepercayaan untuk melayani TUHAN dan Umat-Nya adalah sebuah kehormatan. (yrt)#akusisontoloyoyangdiubahkan














Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menderita Dengan Sabar

Peringatan Hidup Sebagai Hamba ALLAH