Kristen Penggembira



Kristen penggembira
Bacaan Hari Ini : 1 Petrus 4:1-6

Ayat berkesan:
1 Petrus 4:1-6 (TB) Jadi, karena Kristus telah menderita penderitaan badani, kamu pun harus juga mempersenjatai dirimu dengan pikiran yang demikian, — karena barangsiapa telah menderita penderitaan badani, ia telah berhenti berbuat dosa —, 
supaya waktu yang sisa jangan kamu pergunakan menurut keinginan manusia, tetapi menurut kehendak Allah. 
Sebab telah cukup banyak waktu kamu pergunakan untuk melakukan kehendak orang-orang yang tidak mengenal Allah. Kamu telah hidup dalam rupa-rupa hawa nafsu, keinginan, kemabukan, pesta pora, perjamuan minum dan penyembahan berhala yang terlarang. 
Sebab itu mereka heran, bahwa kamu tidak turut mencemplungkan diri bersama-sama mereka di dalam kubangan ketidaksenonohan yang sama, dan mereka memfitnah kamu.
Tetapi mereka harus memberi pertanggungan jawab kepada Dia, yang telah siap sedia menghakimi orang yang hidup dan yang mati.
Itulah sebabnya maka Injil telah diberitakan juga kepada orang-orang mati, supaya mereka, sama seperti semua manusia, dihakimi secara badani; tetapi oleh roh dapat hidup menurut kehendak Allah.

💒 Kristen penggembira
Tujuan utama dari surat ini adalah mendorong dan menasehati kaum beriman untuk mengikuti jejak Kristus Yesus saat menghadapi aniaya ( 1:6-7,2:18-25,3:8-17,4:12-19). Kita Orang Percaya harus memiliki pikiran Kristus, memiliki pikiran yang sama dengan pikiran Kristus dalam penderitaan-Nya (3:18-22).
Fungsi utama pikiran adalah untuk mengerti dan memahami. Untuk menempuh hidup yang sesuai kehendak Kristus, Orang Percaya / Orang Kristen yang Normal memerlukan pikiran yang dibarui (Roma 12:2).
Kristen penggembira adalah orang Kristen yang menempuh hidupnya dengan cara duniawi, atribut kekristen nampak dalam hidupnya tetapi perjalanan hidupnya tidak sesuai dengan kehendak Kristus. Dunia melekat pekat dalam hidupnya.
Kesenangan dan kepuasan daging menjadi bara yang membara dalam hidupnya.
Kesenangan membarakan hawa nafsu, penderitaan (penyangkalan diri) mendinginkannya. 
Tujuan penebusan adalah membawa hidup orang Kristen dari kesia-sian. Penderitaan sejalan dengan penebusan Kristus dalam menggenapi rencana-Nya, memulihkan manusia (bagi yang mau menerima , mengakui dan percaya Yesus Kristus/Isa Almasih) kepada rancangan semula. 
Penderitaan, aniaya adalah bentuk pendisiplinan ALLAH. DIA tidak mau umat-Nya hanya jadi penggembira tetapi pemain utama. Untuk itu TUHAN berusaha keras (Roma 8:28)agar anak-anaknya berhasil mencapai kemenangan sejati. Karena itu DIA melatih diri kita, mempersenjatai diri kita dengan pikiran yang baru yang jernih.
Ayat 3, manusia lama kita telah terlalu lama hidup dalam kesia-siaan, terlalu banyak menghambur-hamburkan waktu, pikiran, tenaga, harta hanya untuk kesia-siaan.
ALLAH yang kita sembah dalam Kristus Yesus adalah ALLAH yang hidup, DIA
hakim juga pembela. Dengan kasih-Nya yang besar DIA rela merendahkan diri-Nya untuk membela dan menyelamatkan diri kita. (Yoh3:16,Fil2:7-8)
Orang Percaya adalah orang yang menemukan TUHAN , pertemuan dengan TUHAN membawa perubahan. Orang Kristen yang Normal adalah orang Kristen yang menemukan TUHAN dan mengalami perubahan dan pertumbuhan.
Perubahan itu adalah pertobatan. Pertobatan orang percaya membawa keheranan bagi orang dunia (orang tidak percaya), menjadi kejanggalan buat mereka karena Orang Kristen yang Normal tidak akan mau lagi menceburkan diri kedalam kubangan ketidak senonohan. 
Ayat 6, Injil diberitakan juga kepada orang-orang mati. Mati disini bukanlah kematian fisik tetapi roh manusia yang mati ( roh orang yang belum percaya dan menerima TUHAN YESUS dan atau orang Kristen penggembira = roh yang mati)
1 Petrus 4:6 (TB) Itulah sebabnya maka Injil telah diberitakan juga kepada orang-orang mati, supaya mereka, sama seperti semua manusia, dihakimi secara badani; tetapi oleh roh dapat hidup menurut kehendak Allah.
Orang Kristen yang Normal turut memberitakan dan menyaksikan hidupnya dalam mengikuti Kristus. 
Orang Kristen yang Normal memiliki hati yang sama dengan Kristus yaitu berbelas kasihan dan merindukan semua manusia diselamatkan (kaum beriman).
Ada banyak orang mengaku anak TUHAN tetapi sebenarnya roh mereka mati. Injil juga  diberitakan kepada orang yang mati roh, agar bangkit.
Roh Orang Kristen yang Normal sudah dilahirkan kembali dan dihuni oleh ROH ALLAH (Yoh 3:6, Roma 8 : 10-11). 
Jadi, roh Orang Kristen yang Normal adalah roh pembauran
(roh yang bangkit = roh manusia yang dipengaruhi ROH KUDUS) yang di dalamnya Orang Kristen yang Normal hidup dan berprilaku.
Roma 8:4 (TB)
supaya tuntutan hukum Taurat digenapi di dalam kita, yang tidak hidup menurut daging, tetapi menurut Roh


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menderita Dengan Sabar

Peringatan Hidup Sebagai Hamba ALLAH