Iman dan Hikmat (2)

Iman dan Hikmat (2)

Bacaan Hari Ini : Yakobus 1: 5-8

5  Akan tetapi, jika di antara kamu ada yang kekurangan hikmat, hendaklah ia memintanya kepada Allah, yang dengan murah hati memberi kepada semua orang tanpa mencela, dan itu akan diberikan kepadanya.
6  Namun, ia harus memintanya dengan iman dan tidak bimbang karena orang yang bimbang adalah seperti gelombang laut, ditiup angin ke sana kemari.
7  Orang seperti itu janganlah mengira akan menerima sesuatu dari Tuhan.
8  Orang yang mendua hati* tidak akan tenang dalam semua jalan hidupnya.

TUHAN YESUS Sumber Hikmat
            Injil hari ini berpesan atau mengajarkan kepada kita,  bagaimana dengan seseorang yang tidak memiliki hikmat? Yakobus pun membahas dalam suratnya (_TB Yak 1:5-8). Orang yang kekurangan hikmat hendaknya datang kepada sumber hikmat, Allah sendiri, yang tidak pernah kekurangan hikmat, atau terlalu pelit memberikannya kepada yang memintanya dengan iman.

           Kenapa kita harus meminta pada ALLAH?  karena ALLAH di dalam Kristus Yesus membuat rencana kekal-Nya dan merampungkannya
           1 Korintus 2 : 6-7,
6  Kami mengatakan hikmat di antara mereka yang dewasa,* tetapi bukan hikmat zaman ini atau dari penguasa-penguasa zaman ini* yang akan dibinasakan,
7  melainkan kami mengatakan hikmat Allah dalam rahasia, hikmat yang tersembunyi, yang Allah tetapkan sebelum permulaan zaman bagi kemuliaan kita.
          Efesus 3 : 9-11
9  dan membawa terang kepada setiap orang tentang rahasia yang tersembunyi selama berabad-abad dalam Allah, yang menciptakan segala sesuatu.
10  Dengan demikian, melalui jemaat, berbagai hikmat Allah* sekarang diberitahukan kepada para pemerintah dan penguasa di tempat surgawi.
11  Ini sesuai dengan rencana kekal yang dinyatakan dalam Yesus Kristus, Tuhan kita.

ALLAH dalam Kristus YESUS adalah pemilik rencana kekal dan akan merampungkan, hikmat ALLAH diperlukan untuk praktek kristiani yang sempurna, orang Kristen yang Normal jalan hidupnya dalam segala hal harus sejalan dengan rencana ALLAH,  untuk itu kita perlu datang kepada TUHAN YESUS yang adalah sumber hikmat kita .
               1 Korintus 1: 24, 30
24  Namun, untuk mereka yang dipanggil, baik orang-orang Yahudi maupun orang-orang Yunani, Kristus adalah kekuatan Allah dan hikmat Allah.

30  Oleh karena Dia, kamu ada dalam Yesus Kristus, yang untuk kita dijadikan hikmat, kebenaran, kekudusan, dan penebusan dari Allah,

Meminta Dalam Iman
               
              Meminta kepada ALLAH dalam kata lain berdoa, doa adalah praktek hidup Orang Kristen yang Normal, perbuatan iman orang percaya. 
ALLAH kita  bukan pribadi yang kikir, DIA pribadi pemberi, yang memberi kepada semua orang dengan murah hati. DIA tidak akan mencela dan menolak orang yang meminta pada-NYA
              
             Hikmat kebijaksanaan yang dari ALLAH tidak akan bertentangan dengan perintah-perintah-Nya dan rencana-Nya

Yakobus 3: 17  
Hikmat yang datang dari atas, pertama-tama adalah murni, kemudian suka damai, lemah lembut, terbuka, penuh belas kasihan dan buah-buah yang baik, tidak membeda-bedakan, dan tidak munafik.

             ALLAH menjadikan manusia sebagai mahluk yang hanya memiliki satu jiwa, dengan satu pikiran dan satu tekad, Orang risten yang Normal tidak boleh bimbang dalam doanya.
Jika dia bimbang , dia sedang membuat dirinya mendua jiwa, seperti kapal dengan dua kemudi, tidak tentu arahnya.
Hikmat dunia/manusia sering kali bertolak belakang dengan Hikmat dari Allah. Kita tidak dapat mencampur baurkan kebijakan dunia (biasanya kompromi dengan dosa) dengan kebijaksanaan ALLAH.
              Rasul Yakobus adalah rasul yang terkenal suka berdoa, dalam suratnya ini Rasul Yakobus  sedang mengajar kepada kita untuk rendah hati dihadapan TUHAN. 

Meminta hikmat dan mentaati, orang Kristen yang Normal dalam menghadapi aniaya dan penderitaannya menerima dengan rendah hati dihadapan TUHAN. siapakah yang berkuasa meninggikan dan merendahkan ciptaan-NYA kalau bukan penciptanya?. (yrt)#akusisontoloyoyangdiubahkan








Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menderita Dengan Sabar

Peringatan Hidup Sebagai Hamba ALLAH